Pemkab Malra Gelar Upacara Puncak Peringatan HKN ke-58

ok24

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022.

Upacara HKN tahun 2022 mengusung tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku"dilaksanakan di halaman Pusksesmas Ngilngof Selasa (15/11/2022).

Peserta Upacara peringatan HKN di Kabupaten Maluku Tenggara antara lain ASN Dinas Kesehatan, petugas puskesmas dan kader posyandu.

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun bertindak selaku pembina upacara membaca sambutan  Menteri Kesehatan RI mengatakan peringatan HKN tahun ini mengusung tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi dinilai berat. Dimana semua negara menghadapi masa krisis yang sulit akibat pandemi COVID-19.

"Namun ditengah masa krisis itu, Indonesia mampu membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh dengan saling bersinergi aktif dalam mendampingi masyarakat untuk saling mendukung Pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini," ucapnya.

Menurutnya, di masa pandemi juga menjadi momentum pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di Indonesia yang berfokus pada 6 pilar yakni, transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan dan teknologi kesehatan.

Sekaligus, sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Disamping itu, Amberani mengucapkan terima kasih dan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

"Berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan Masyarakat hidup bersih dan sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun. Serta terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin serta terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat," harapnya.

Tampak hadir pada upacara tersebut Sekretaris Daerah Ahmad Yani Rahawarin, staf ahli dan asisten serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Maluku Tenggara.

(MC.Maluku Tenggara/Adolof Labetubun)

Please publish modules in offcanvas position.