Bupati Malra Beberkan Kinerja GTPP Covid-19 di Paripurna DPRD

    Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara, saat paripurna penyampaian rekomendasi LKPJ tahun 2019 di Gedung DPRD Malra, Selasa (23/6/2020).

    Bupati jelaskan, dalam rangka menghadapi new normal life sekaligus mencegah penyebaran covid-19 di Malra maka Pemda telah melakukan langkah-langkah strategis dan antisipatif.

    Seperti sosialisasi tatanan kehidupan baru (new normal life) kepada ASN dan warga masyarakat di 11 kecamatan,

    Mengusulkan penundaan dan pembukaan layanan penerbangan dari dan keluar wilayah Maluku Tenggara, kebijakan tanggap rawan pangan melalui penyiapan lahan pertanian seluas 10 hektar,

    Serta sosialisasi pentingnya ketahanan pangan menghadapi covid-19, pembatasan akses masuk dan keluar Malra dengan mekanisme protokol Kesehatan yang ketat terhadap wabah ini.

    Sehubungan dengan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ pemerintah daerah tahun 2019, menurut bupati penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ pemerintah daerah adalah amanat peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 pasal 20 ayat 1.

    Secara eksplisit menyebutkan paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima, DPRD harus melakukan pembahasan LKPJ. Selanjutnya pada ayat dua DPRD memberikan rekomendasi berdasarkan hasil pembahasan LKPJ.

    Hal itu juga diperjelas dalam peraturan DPRD Malra nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Maluku Tenggara.

    Dia menambahkan, peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 mengamanatkan, rekomendasi sebagaimana dimaksud akan digunakan menjadi bahan untuk penyusun perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya, penyusunan anggaran pada tahun berajalan dan tahun berikutnya serta penyusunan peraturan daerah, kepala daerah atau kebijakan strategis kepala daerah.

    “Atas seluruh proses yang telah dilalui, mulai dari paripurna penyampaian LKPJ, pembahasan, obserfasi lapangan hingga penyampaian rekomendasi di saat ini. Atas nama pemerintah daerah saya ucapan terima kasih.” ungkap Thaher.

    Ini merupakan langkah yang baik dan positif melalui proses dan dinamika seperti ini serta secara khusus melalui rekomendasi yang konstruktif maka hubungan kemitraan antara Pemda dan DPRD akan semakin berkualitas dan produktif menuju perwujudan kesejatraan rakyat sebagai tujuan kita bersama.

    Selanjutnya terhadap catatan kritis berupa rekomendasi yang disampaikan DPRD kepada Pemerintah Daerah sehubungan dengan substansi LKPJ maka pemerintah daerah akan segera membahas secara internal dengan melakukan penyelarasan serta disesuaikan dengan aturan hukum yang berlaku.

    Serta akan menjadi bahan penting untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan,program dan kegiatan di waktu mendatang.

    “Semoga kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dan DPRD senantiasa dapat ditingkatkan dalam rangka mensejatrakan masyarakat Maluku Tenggara yang kita cintai” pintanya. (Abh/toeb)

    ©2020 Dinas Kominfo Maluku Tenggara. All Rights Reserved.
    Logo Kabupaten Malra
    Kecamatan Kei Kecil
    Kabupaten Maluku Tenggara
    Provinsi Maluku.
    Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    No. Tlpn: 0811-477-719, 0813-2807-0333

    Testimoni

    Polling

    Bagaimana Kepuasan anda tentang informasi kami ?

    Galeri

    Statistik Web

    008314
    Hari Ini
    Kemarin
    Minggu Ini
    Bulan Ini
    Seluruhnya
    203
    394
    1920
    2218
    8314

    Your IP: 18.204.55.168
    2020-08-08 18:43

    Please publish modules in offcanvas position.