• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Perda Perda Tahun 2005 Perda APBD 2005

Bupati Maluku Tenggara Beri Penjelasan Terhadap RANPERDA RPJMD 2018-2023

E-mail Print PDF

Langur, Info Publik-Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, menghadiri Rapat Paripurna Dalam Rangka Penjelasan Bupati Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, bertempat di Ruang Sidang DPRD Kab. Malra, Selasa, (9/7). Penjelasan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun ini terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Tentang RPJMD tersebut disampaikan dihadapan Pimpinan dan Anggota Sidang antara lain Ketua dan Anggota DPRD bersama Pimpinan OPD dan Para Camat se-Kabupaten Malra.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari perwujudan kemitraan Pemda dengan DPRD, dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Menurut Bupati bahwa UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang teknis pelaksanaannya diatur dalam Permendagri No. 86 Tahun 2017 mengamanatkan, kewajiban konstitusional setiap Pemda untuk menyusun dan menetapkan RPJMD dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD Provinsi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Lanjut Hanubun dalam hubungan dengan efektivitas pengelolaan ruang, serta ketaatan terhadap penyelenggaraan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, maka RPJMD ini juga disusun dengan memperhatikan substansi RTRW dan rekomendasi atas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Atas Arahan Ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut, maka Pemkab telah mempersiapkan dan menyusun Ranperda rentang RPJMD, yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Visi dan Misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati terpilih, periode 2018-2023. Bahwa sesuai amanat peraturan perundang-undangan tersebut, sudah secara jelas mengatur segala substansi serta pentahapan penyusunan RPJMD ini telah melalui proses dan tahapan yang panjang sejak pertengahan tahun 2018 yang lalu, dimulai dari tahapan Teknokratis, partisipatif-Top Down dan Bottom Up dan Politis.

Dijelaskan bahwa terkait Visi dalam RPJMD tersebut yaitu Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Mandiri, Cerdas, Demokratis dan Berkeadilan. Selanjutnya, untuk mencapai Visi tersebut, maka ditetapkan pula 5 (lima) misi pembangunan yaitu Mengoptimalkan kinerja dan kapasitas Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Perlindungan Sosial, Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan yang berdaya saing, Mempercepat pembangunan infrastruktur dalam rangka konektivitas, Mengembangkan Pembangunan Berbasis Kewilayahan dan dengan Prosperity Approach Berbasis Budaya, Kearifan Lokal dan Masyarakat Hukum Adat. Pada akhir sambutannya, Bupati Malra berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada Dewan yang telah mengagendakan pembahasan Rancangan RPJMD ini untuk ditetapkan sebagai Peraturan daerah. Olehnya itu Ia berharap dengan ditetapkannya RPJMD ini maka pembangunan daerah lima tahun ke depan akan dapat kita arahkan berdasarkan sebuah Visi yang ditetapkan bersama menuju pada tercapainya peningkatan kesejahteraan rakyat.

Last Updated on Thursday, 11 July 2019 13:42  

JW Media Player

You must have Flash Player installed in order to see this player.

Simple Video Flash Player Module



Get the Flash Player to see this player.



Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Who's Online

We have 141 guests online