• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Kantor Kantor Lingkunga Hidup

Kantor Lingkungan Hidup

E-mail Print PDF

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional dan Undang-undang 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Tata cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah serta Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka diperlukan perencanaan yang cermat dan tepat yang disusun dalam tahapan yang sistematis, konsisten, berkelanjutan, efektifitas dan efisiensi sehingga keberadaan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara memiliki makna bagi publik. Dengan demikian organisasi ini mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis regional, nasional dan global yang berubah cepat.

Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara  merupakan SKPD baru, yang dibentuk berdasarkan PERDA Nomor 04 Tahun 2008. Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara mempunyai tugas, adalah membantu Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam melaksanakan tugas pemerintah daerah di bidang lingkungan hidup. Sedangkan fungsi utamanya, adalah melakukan pengendalian, pengawasan terhadap pencemaran lingkungan dan pemulihan kerusakan lingkungan hidup sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Secara hirarkis rencana strategik (RENSTRA) Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2009 – 2013. Serta secara konkordansi, RENSTRA Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara mengadopsi pokok–pokok perencanaan RENSTRA Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 2006 – 2009.

 


VISI dan MISI


A. Pernyataan Visi

Berbagai perubahan lingkungan internal dan eksternal yang berlangsung cepat, membutuhkan langkah-langkah organisasi untuk difokuskan pada upaya mengenali harapan publik dan pencapaian kemampuan yang cerdas, kreatif dan inoviatif guna memenuhi harapan publik tersebut. Salah satu skenario yang indikasi awalnya telah terungkap dalam beberpa tahun terakhir adalah harapan publik yang semakin besar akan pelayanan jasa lingkungan hidup yang optimal. Harapan yang semakin besar, merupakan tantangan masa depan yang harus disikapi secara realistik dan tepat dan harus tercermin pada organisasi yang dipilih. Mencermati berbagai isu dan masalah lingkungan hidup saat ini, maka rumusan visi Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara yang merupakan panduan untuk menyikapi tantangan masa depan adalah:

Terwujudnya Institusi Lingkungan Hidup yang Profesional dalam Pengendalian Pencemaran di Tahun 2013

Dengan visi tersebut, maka Kantor Lingkungan Hidup akan menjabarkan beberapa program unggulan seperti Program Konservasi Daerah, Program Persampahan, Program  Adipura bertujuan untuk mewujudkan kota bersih dan teduh (clean dan green city) , Program LANGIT BIRU yang bertujuan untuk mewujudkan daya dukung lingkungan perkotaan yang handal.

 

B. Pernyataan Misi

Dalam upaya menjabarkan visi tersebut misi utama yang diemban oleh Kantor Lingkungan Hidup adalah :

  1. Membangun kinerja yang professional di bidang pengelolaan lingkungan hidup
  2. Meningkatkan konservasi alam daerah.
  3. Meningkatakan mutu Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan perkotaan.
  4. Meningkatkan pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air
  5. Meningkatkan pengelolaan limbah domestik perkotaan.
  6. Meningkatakan partisipasi masyarakat, lembaga non pemerintah dan swasta dalam pengelolaan lingkungan hidup.

 

C. Tujuan

Tujuan strategis merupakan penjabaran atau pelaksanan dari peryataan misi yang akan dicapai akan dihasilkan dalam jangka waktu lima tahun. Dengan demikian diketahui secara tepat apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam memenuhi visi misinya dalam kurun waktu tersebut dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki. Perumusan tujuan strategis ini juga akan memungkinkan Kantor Lingkungan Hidup untuk mengukur sejauh  mana visi dan misi organisasi telah dicapai mengingat tujuan strategisnya dapat diukur.

Dari setiap pernyataan misi yang telah dirumuskan, yaitu: (1) Mengingatkan mutu ruang terbuka hijau (RTH) kawasan perkotaan, (2) Meningkatkan pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, (3) Meningkatkan pengelolaan limbah domestik, (4) Meningkatkan peran aktif mitra strategis dalam pengelolaan lingkungan hidup, (5) Mengembangun kinerja yang profesional di bidang pengelolaan lingkungan hidup, maka ditetapkan tujuan strategis dari Kantor Lingkungan Hidup sebagai berikut :

  1. Meningkatan kesadaran masyarakat terhadap peranan lingkungan hidup bagi keberlanjutan sumber daya alam dan pembangunan.
  2. Meningkatan perlindungan dan pengendalian pencemaran lingkungan melalui penetapan kerangka regulasi daerah tentang pelestarian lingkungan hidup, tentang hak-hak adat masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam, sosialisasi dan penegakan hukum lingkungan yang adil dan tegas
  3. Memeperbaiki ekosistem lingkungan terutama perairan dan kelautan, meperluas penerapan etika lingkungan serta meningkatkan partisipasi dan kearifan budaya lokal sehingga lingkungan dapat memberikan keyamanan dan kehidupan.
  4. Meningkatkan pembangunan perkotaan yang ramah lingkungan bersih dan indah.
  5. Menguatkan kapasitas kelembagan pengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup melalui pembentukan lembaga pengendalian lingkungan hidup dan peningkatan sumber daya apartur yang berkualitas.

 

Tujuan strategis memiliki hubungan sebab akibat (cause-and-effect relationship) satu sama lain yang membentuk suatu koherensi yang utuh sehingga secara terintegrasi semuanya mengarah pada pencapaian misi Kantor Lingkungan Hidup. Koherensi semacam ini menuntut dicapainya tujuan–tujuan yang strategis  yang ada secara berimbang agar visi-misi organisasi dapat dicapai secara optimal.

 

D. Sasaran Strategis

Sasaran Strategis Kantor Lingkungan Hidup merupakan penjabaran dari visi dan misi dan tujuan yang telah ditetapkan, yang menggambarkan hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu lima tahun dan dialokasikan selama lima periode secara tahunan. Penetapan sasaran strategis untuk memberikan fokus pada penyusunan kegiatan  dan alokasi sumber daya organisasi.

Sasaran Strategis Kantor Lingkungan Hidup merupakan bagian integral dalam proses perencanaan strategis dan merupakan dasar yang kuat untuk mengendalikan dan memantau pencapaian kinerja seluruh upaya pembangunan. Setiap sasaran ditetapkan melalui kebijaksanaan, program dan kegiatan yang secara keseluruhan dapat dilihat pada lampiran I.

 

Sasaran lima tahun ke depan (2009 - 2013) yang ditetapkan sebagai berikut :

  1. Tercapainya peningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat pada fungsi lingkungan hidup.
  2. Tersediaanya kawasan konservasi minimal seluas 10.000 Ha, pengendalian pencemaran lingkungan seperti baku mutu (limbah, laut, air permukaan, tanah dan lain-lain), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), terwujudnya perangkat regulasi daerah yang mengakomodir hak-hak masyarakat adat dalam pengelolaan, pemanfaatan serta pengawasan sumber daya alam secara lestari yang meliputi kawasan konvensi air, kawasan konservasi mangrove, kawasan konservasi terumbu karang, kawasan konservasi padang lamun, kawasan konservasi estuari, serta kawasan konservasi teluk.
  3. Terkendalinya pencemaran dan kerusakan ekosistem pesisir akibat pemanfaat yang tidak ramah lingkungan yang ditandai dengan menurunya kegiatan-kegiatan pembakaran hutan, penambangan pasir tanpa ijin serta menurunya penggunaan potasium dan bom diperairan dan lain-lain.
  4. Tercaipainya peningkatan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau seluas 30 persen wilayah perkotaan dan peningkatan kualitas penglolaan persampahan perkotaan.
  5. Tercapainya peningkatan kapasitas kelembagaan lingkungan hidup.

 

PROGRAM dan KEGIATAN

 

Sasaran dan kebijakan Kantor Lingkungan Hidup dijabarkan lebih lanjut kedalam sejumlah program. Kegiatan merupakan aspek operasional dari rencana strategis yang diarahkan untuk memenuhi sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi. Berikut ini tahapan yang dilakukan oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2009-2013.

No

PROGRAM


KEGIATAN

SAT

TAHUN KEGIATAN

 

2009

2010

2011

2012

2013

1

2

 

3

4

5

6

7

8

9

1

Perlindungan dan Konservasi SDA

1

Peningakatan konservasi daerah  tangkapan air dan sumber-sumber air di luar kawasan hutan

Ha

80

100

100

100

100

2

Survey identifikasi lokasi kawasan konservasi darat, laut dan pesisir.

Ha

-

10,000

-

-

-

3

Penyusunan draft PERDA kawasan konservasi daerah.

Buah

-

-

1

-

-

4

Penyusunan PERDA dan peraturan di daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Peket

1

1

1

1

1

5

Peningkatan SDM di bidang konservasi alam.

Org.

-

-

2

2

2

6

Peningkatan peran serta masyarakat dalam perlindungan dan konservasi alam.

Kelompok

3

5

10

12

15

7

Penyelenggaraan On Job Training untuk masyarakat dalam  pengawasan lingkungan.

Org.

-

10

15

15

15

8

Rehabiitasi Kawasan Terumbu Karang

Ha

-

-

5

5

5

2

Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan

9

Penyempuraaan sarana dan prasarana  laboratorium Lingkungan

Pkt

1

1

-

-

-

 

 

10

Survey dan Uji Kualitas Air di P. Kei Besar dan P. Kei Kecil

Lok/ desa

50

50

50

50

50

 

 

11

Bimbingan dan sosialisasi penerapan AMDAL, UKL/UPL dan DPPL.

Pkt

1

1

1

1

1

12

Peningkatan pengendalian pengawasan AMDAL, UKL/UPL dan DPPL.

Paket

1

1

1

1

1

13

Koordinasi Penilaain Kota Sehat (ADIPURA)

Kali

5

5

5

5

5


 

 

 

 

 

 

 

3

Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau

14

Penyusunan masterplan ruang terbuka hijau

Pkt

1

-

-

-

-

 

 

15

Peningkatan Penanaman Ruag Terbuka Hijau

Ha

-

5

5

10

10

4

Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampah

16

Koordinasi pelaksanaan pembangunan TPA Regional Isow.

Unit

0,3

0,7

1,0

-

-

17

Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan 3 R

Kel

5

5

7

10

10

18

Pengolahan Kompos dan Daur Ulang Limbah Plastik

Ton

70

150

200

250

300

19

Pengembangan PAD dari Sampah

Juta (Rp)

100

300

400

500

600

5

Peningkatan Kualitas dan akses Informasi SDA dan Lingkungan Hidup

20

Penyusunan SLHD dan laporan Kualitas Aid di Daerah Maluku Tenggara

Pkt

1

2

2

2

2

 

 

21

Peningkatan komunikasi masyarakat di bidang Lingkungan

Pkt

5

10

15

20

20

6

Peningkatan kapasitas Sumber Daya Aparatur

22

Pendidikan dan pelatihan di Bidang pengelolaan Lingkungan Hidup

Org

5

5

5

5

5

 


Last Updated on Wednesday, 28 July 2010 02:49  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday443
mod_vvisit_counterYesterday6657
mod_vvisit_counterThis week7100
mod_vvisit_counterLast week58065
mod_vvisit_counterThis month217020
mod_vvisit_counterLast month237373
mod_vvisit_counterAll days8188261

We have: 133 guests, 1 bots online
Your IP: 54.156.67.164
 , 
Today: Sep 24, 2017

Who's Online

We have 205 guests online