• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Ekonomi Bupati Maluku Tenggara Kukuhkan TPAKD Malra

Bupati Maluku Tenggara Kukuhkan TPAKD Malra

E-mail Print PDF

LANGGUR, sebanyak 45 anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Maluku Tenggara dikukuhkan langsung oleh Bupati Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun di Langgur, pekan kemarin. Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discusion (FGD) yang membahas Surat Keputusan Gubernur Maluku nomor 267 tahun 2016 tentang pembentukan TPAKD Provinsi Maluku pada 4 April 2016 lalu.

 

Bupati Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun dalam sambutanya saat proses pengukuhan mengatakan, pengukuhan TPAKD ini mempunyai tujuan untuk mendukung program pemerintah guna mendorong pertumbuhan sektor perekonomian masyarakat melalui upaya percepatan akses keuangan daerah. Melihat TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder di lingkup pemerintahan guna mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. "Sesuai radiogram Menteri Dalam Negeri RI tanggal 19 Februari 2016 perihal TPAKD mengamanatkan agar seluruh tingkatan pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota membentuk TPAKD, berdasarkan instruksi itulah Pemda Malra melaksanakan pembentukan dan pengukuhan TPAKD, namun selain berdasarkan instruksi dari atas hal ini juga mempunyai mamfaat yang besar untuk mendorong pertumbuhan sektor perekonomian masyarakat,"ungkap Rentanubun. Selain pengukuhan, Pemda Malra juga menjalin hubungan kerjasama lewat penandatanganan MoU antara Pemda Malra dengan Bank Maluku, PT Jasa Raharja Putera, PT Asuransi Jasa Indonesia, serta MoU lainya antara Pemda dengan OJK. "Kalau MoU dengan Bank Maluku itu terkait akses pembayaran pajak dan retribusi secara online, dengan PT Jasa Raharja Putera terkait penutupan asuransi kecelakaan diri bagi wisatawan, sedangkan MoU dengan PT Asuransi Jasa Indonesia terkait kerjasama pengembangan usaha di sektor asuransi nelayan dan pertanian,"rincinya. Dikatakannya, MoU-MoU tersebut bertujuan untuk mendukung percepatan Akses keuangan di kabupaten Malra, demi tercapainya program yangbtercantum pada RPJMD Pemda, yakni mewujudkan Maluku Tenggara sejahtera. Sementara Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Bambang Hermanto, mengatakan, Kehadiran TPAKD merupakan jawaban atas upaya yang perlu dilakukan dalam menyikapi hasil Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2013 dan 2016, yang diketahui tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia pada tahun 2016 hanya sebesar 29,66% sedangkan prosentase masyarakat Indonesia yang telah menggunakan produk/layanan jasa keuangan (utilitas) pada tahun 2016 sebesar 67,82%. "Penyediaan akses keuangan yang mudah, murah, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang diikuti dengan peningkatan literasi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan daya saing daerah merupakan salah satu cara untuk mengatasi problematika sosial yang terjadi di masyarakat seperti kemiskinan, pengangguran dan juga ketimpangan," kata Bambang. Menurutnya, Program kerja yang akan dilaksanakan oleh TPAKD Kabupaten Maluku Tenggara terfokus dalam mendukung sektor prioritas Kabupaten Maluku Tenggara yang juga menjadi sektor andalan dalam peningkatan daya saing daerah Kabupaten Maluku Tenggara yakni Sektor Perikanan dan Kelautan serta Sektor Pariwisata. (AE).

 

Last Updated on Monday, 25 September 2017 11:43  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday12868
mod_vvisit_counterYesterday7922
mod_vvisit_counterThis week83899
mod_vvisit_counterLast week61282
mod_vvisit_counterThis month193280
mod_vvisit_counterLast month262511
mod_vvisit_counterAll days8427032

We have: 188 guests, 806 bots online
Your IP: 54.166.199.178
 , 
Today: Oct 19, 2017

Who's Online

We have 2068 guests online