• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Dinas KESBANGLIMAS

KESBANGLIMAS

PENDAHULUAN


 

1 Latar Belakang

 

Sesuai amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional, dan Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, setiap Daerah diwajibkan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah sebagai rencana kerja tahunan. Selain itu setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah diwajibkan pula untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra SKPD) untuk periode lima tahun dan Rencana Kerja (Renja SKPD) untuk periode satu tahun.

Renstra SKPD memuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) SKPD, yang disusun dengan berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Tahun   2008 – 2013 yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara.

Berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, yang kemudian dijabarkan lebih lanjut dengan Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 04 Tahun 2008,  maka Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat merupakan unsur pelaksana teknis daerah dengan mempunyai tugas melaksanakan kewenangan desentralisasi dibidang Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat serta berfungsi perumusan kebijakan teknis.

Selain Undang Undang nomor 25 Tahun 2004 dan Undang Undang  Nomor 32 Tahun 2004 tersebut diatas, Renstra Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara ini juga disusun berdasarkan arahan Peraturan Daerah  Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 04 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Maluku Tenggara; Peraturan Bupati Maluku Tenggara Nomor 7 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2008 –2013.

Rencana Strategis Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara ini merupakan salah satu dokumen teknis operasional sebagai penjabaran lebih lanjut dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2008 – 2013, dibidang Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat . Rencana Strategis ini selanjutnya akan dijabarkan dalam Rencana Kerja Tahunan BADAN KESBANGPOL dan LINMAS (Renja) sebagai  masukan bagi Penyusunan dan Penetapan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Daerah, dan juga sebagai acuan untuk penyusunan dan penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setiap Tahunnya.

 

 

 

VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

1  Visi dan Misi

Dalam rangka pencapaian visi Kepala Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2008 – 2013 yaitu Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Sejahtera Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Jasa Lingkungan Berbasis Bahari, Jasa Perdagangan dan Jasa Pendidikan, maka ditetapkan visi Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat sebagai :

Terwujudnya masyarakat Maluku Tenggara Yang  Rukun,   Demokratis dan Damai

 

Penjelasan visi  :

Masyarakat yang Rukun artinya bahwa ke depan, Manajemen Badan  Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat harus dapat mewujudkan masyarakat yang rukun terhadap pluralisme yang ada guna menciptakan kehidupan yang rukun ditengah-tengah masyarkat.

Masyarakat yang Demokratis artinya masyarakat dapat terlibat dalam proses pengambilan keputusan,kebijakan publik serta mengeluarkan pendapat dan aspirasi secara santun dan cerdas yang berwawawasan kebangsaan dan cinta tanah air

Masyarakat yang Damai artinya bahwa pola kehidupan masyarakat kesehariannya terlaksana dalam keadaan damai, karena peran,fungsi,partisipasi masyarakat,organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan lainnya dalam memelihara keamanan dan ketertiban lingkungannya dengan aman,damai dan sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Untuk mencapai visi sebagaimana tersebut di atas, maka ditetapkan misi sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan dan Kualitas Sumber Daya   Aparatur. Mengandung komitmen untuk meningkatkan kapasitas Badan Kesatuan   Bangsa,Politik dan perlindungan Masyarakat dengan mengupayakan peningkatan kemampuan baik personil maupun sarana dan prasarana sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada semua pihak.
  2. Meningkan sistem politik yang demokratis, yang berbasis pada makin berfungsinya secara efektif supra-struktur dan infra-struktur politik, yang dilandasi oleh menguatnya etika, moral dan budaya politik yang beradab.
  3. Meningkatkan kehidupan masyarakat Maluku Tenggara yang demokratis, dinamis, tentram dan damai, yang ditopang oleh makin mantapnya wawasan kebangsaan, integritas dan ketahanan bangsa.
  4. Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan peranserta masyarakat dalam perlindungan terhadap ancaman bencana, yang didukung oleh mantapnya SDM Satuan Linmas dan manajemen penanggulangan bencana yang efektif dan efisien.
  5. Terciptanya situasi dan kondisi tentram dalam masyarakat yang kondusif bagi lancarnya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, sesuai dengan jiwa dan semangat otonomi daerah.

 

 

STRATEGI,KEBIJAKAN,PROGRAM DAN KEGIATAN

 

 

Berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam periode lima tahun kedepan tersebut diatas, maka ditetapkan strategi, arah kebijakan, untuk selanjutnya diimplementasikan dalam program dan kegiatan sebagai berikut.

1. Strategi

Berdasarkan analisis SWOT, Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat maka menetapkan strategi organisasi sebagai  berikut.

(1)      Meningkatakan pemahaman pendidikan politik  dan komunukasi politik yang santun,bermartabat dan demokratis.

(2)      Mewujudkan masyarakat yang sadar dan memahami tentang wawasan kebangsaan dan bela negara dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi.

(3)      Meningkatkan koordinasi penanggulangan berbagai penyakit masyarakat yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta pencegahan dan penanggulangan akibat bencana alam.

 

2. Arah Kebijakan

(1)      Meningkatkan pendidikan politik dan kualitas komunikasi politik serta kehidupan demokrasi yang berkualitas.

(2)      Mewujudkan masyarakat yang sadar dan memahami nilai-nilai demokrasi,memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

(3)      Meningkatkan koordinasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta pencegahan dan penanggulangan akibat bencana alam.

 

3. Program dan Kegiatan

a. Program

1. Program Pendidikan Politik Masyarakat .

Program ini ditujukan untuk peningkatan pemahaman dan pendidikan politik masyarakat .

2. Program Pengembangan wawasan kebangsaan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan bela negara dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi.

3. Program Kemitraan Pengembangan Wawasan Kebangsaan .

Program ini ditujukan untuk meningkatkan peran dan fungsi organisasi politik,organisasi massa dan organisasi kemasyarakatan dalam pengembangan wawasan kebangsaan untuk kepentingan pembangunan daerah.

4. Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan.

Tujuan program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat toleran terhadap pluralisme serta pemahaman dan kesadaran nilai-nilai demokrasi

5. Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Menjaga Ketertiban Dan Keamanan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran,fungsi dan partisipasi masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

6. Program Peningkatan Pemberantasan Penyakit Masyarakat.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan koordinasi penanggulangan berbagai penyakit masyarakat yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

7. Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Korban Bencana Alam.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam.

 

Last Updated on Monday, 24 May 2010 13:16  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday968
mod_vvisit_counterYesterday1869
mod_vvisit_counterThis week17350
mod_vvisit_counterLast week20829
mod_vvisit_counterThis month54442
mod_vvisit_counterLast month85425
mod_vvisit_counterAll days2813637

We have: 41 guests online
Your IP: 54.145.182.50
 , 
Today: Dec 19, 2014

Who's Online

We have 62 guests online