• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Dinas Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

E-mail Print PDF

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN KINERJA


A. Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara.

Pembangunan pendidikan nasional ke depan didasarkan pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subyek, yang memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan secara optimal. Dimensi kemanusiaan itu mencakup tiga hal paling mendasar, yaitu (a) afektif yang tercermin pada kualitas keimanan, ketakwaan, aklak mulia termasuk budi pekerti luhur serta kepbribadian ungggul, dan kopentensi estesis; (b) kognitif yang tercemin pada kapasitas pikir dan daya intelektualitas untuk menggali dan mengembangkan serta penguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; (c) psikomotorik yang tercemin pada kemampuan mengembangkan ketrampilan teknis, kecakapan praktis, dan kompetensi kinestetis. Fokus pembangunan pandidikan nasional ke depan diarahkan untuk meningkatkan mutu dan daya saing SDM Indonesia pada era perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dan pembangunan ekonomi kreatif.

Dalam kerangka Visi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara terpilih periode 2008-2013 yang termuat dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2008 – 2013 yaiyu ‘ Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Sejahtera melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam Jasa Lingkungan berbasis bahari, jasa perdagangan dan jasa Pendidikan ‘, maka pembangunan Pendidikan pada Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2008 – 2013 mengarah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, trampil, beriman, dan bertaqwa.

Berdasarkan visi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tenggara serta fokus dan paradigma pembangunan pendidikan nasional maka visi Dinas Pendidikan kabupaten Maluku Tenggara yaitu :

 

TERWUJUDNYA MALUKU TENGGARA YANG CERDAS DAN KOMPETITIF TAHUN 2008 – 2013.

Yang dimaksud dengan Maluku Tenggara yanmg cerdas adalah manusia yang cerdas secara komprehensif, yang meliputi cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis.

 

B. Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara.

Berdasarkan Visi tersebut diatas dapat kami rumuskan Misi yaitu :

  1. Meningkatkan profesional kelembagaan, pendidik dan tenaga kependidikan.
  2. Memperluas kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak usia prasekolah dan sekolah guna peningkatan angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni.
  3. Mengembangkan Pendidikan sesuai kebutuhan pasar kerja dan potensi daerah.
  4. Melaksanakan pembinaan spiritual dalam rangka membentuk manusia Maluku Tenggara yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, serta bertanggung jawab.
  5. Melakukan kerjasama antara lembaga demi terselenggaranya partisipasi masyarakat dan stakeholder baik formal maupun informal.
  6. Memenuhi kebutuhan tenaga kerja pendidik berdasarkan core kompetensi dan kompetensi penunjang lain.
  7. Peningkatan Akses Layanan Pendidikan Non Formal bagi masyarakat putus sekolah.

 

 

C. TUJUAN

Dari Misi yang kami rumuskan tersebut, maka tujuan yang inigin dicapai dalam lima tahun kedepan adalah:

  1. Meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia, serta kualitas jasmani peserta didik;
  2. Meningkatkan etika dan estetika, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan manusia dan masyarakat Maluku Tenggara.
  3. Meningkatkan pemerataan kesempatan belajar pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan bagi semua masyarakat secara adil, tidak diskriminatif, dan demokrasi tanpa membedakan tempat tinggal, status sosial – ekonomi, jenis kelamin, agama, kelompok etnis, dan kelainan fisik, emosi, mental serta intelektual;
  4. Menuntaskan Program Wajib Belajar Pendidikan dasar Sembilan Tahun secara efisien, bermutu dan relevan sebgai sumber landasan yang kokoh bagi pengembangan kualitas manusia Maluku Tenggara dalam pendidikan lebuh lanjut.
  5. Menurunkan secara signifikan jumlah penduduk buta huruf dan memiliki berbagai kecakapan hidup.
  6. Memperluas akses pendidikan non-formal bagi penduduk laki-laki maupun perempuan yang belum sekolah tidak perna sekolah, buta aksara, putus sekolah dalam dan antar jenjang serta penduduk lainnya yang ingin meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan untuk meningkatkan kualitas hidup.
  7. Meningkatkan daya saing dengan menghasilkan lulusan yang mandiri, bermutu trampilan dan profisional mapu belajar sepanjang hayat, serta memiliki kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menhadapi berbagai tantangan dan perubahan.
  8. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan tersedianya standar pendidikan nasional dan standar pelayanan minimal, serta meningkatkan kualitas minimum dan sertifikat minimum dan sertifikat bagi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan lainnya.
  9. Meningkatkan relevansi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pambangunan melalui peningkatan hasil penelitian, pengembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh perguruan tinggi serta penyebarluasan dan penerapan pada masyarakat;
  10. Menata sistem pengaturan dan pengelolahan pendidikan yang semakin efisiensi, produktif, dan demokrasi dalam suatu governance yang baik dan akuntabel;
  11. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen pelayanan pendidikan melalui peningkatan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan, serta efektivitas pelaksanaan otonomi dan desentralisasi pendidikan termasuk otonomi keilmuan

 

D. Sasaran.

Sasaran yang hendak dicapai dalam lima tahun kedepan adalah;

  1. Tercapainya nilai APK SD/MI sebesar 100 persen, SMP/MTS sebesar 98 persen, SMA/MA/SMK sebesar 95 persen serta AMP SD/MI sebesar 95 persen, SMP/MTS sebesar 90 persen, dan SMA/SMK/MA sebesar 95 persen.
  2. Terwujudnya peningkatan kuantitas, kualitas, dan distribusi pendidik dan tenaga kependidikan yang ditandai dengan persentase guru yang memenuhi standar kompentensi di tingkat SD sebesar 60 persen, SLTP 75 persen, dan SLTA 80 persen ; serta distribusi pendidik dan tenaga kependidikan yang merata.
  3. Tersedianya layanan pendidikan non formal yang berkualitas dan dapat diakses secara luas ;
  4. Terbangunnya fasilitas pendukung sarana Pendidikan seperti laboratorium dan perpustakaan yang merata ke sekolah – sekolah ;
  5. Terwujudnya manajemen berbasis sekolah (MBS) yang konsisten sesuai dengan tuntutan kebutuhan daerah.

 

E. Program.

  1. Program Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Program Pendidikan Dasar (WAJAR)
  3. Program Pendidikan Menengah.
  4. Program Pendidikan Non Formal.
Last Updated on Thursday, 16 February 2017 20:16  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1840
mod_vvisit_counterYesterday11913
mod_vvisit_counterThis week60720
mod_vvisit_counterLast week71847
mod_vvisit_counterThis month271038
mod_vvisit_counterLast month131863
mod_vvisit_counterAll days6655827

We have: 76 guests online
Your IP: 50.16.97.96
 , 
Today: Mar 30, 2017

Who's Online

We have 136 guests online